DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 3.1.a.7. - Pengambilan Keputusan sebagai pemimpin pembelajaran
1. Bagaimana Anda
nanti akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang Anda dapatkan di program
guru penggerak ini di sekolah/lingkungan asal Anda?
Saya akan mentransfer dan menerapkan
pengetahuan yang saya dapatkan di program guru penggerak di sekolah/lingkungan
asal saya dengan melakukan komunikasi terlebih dahulu kepada kepala sekolah
sebagai pimpinan tertinggi di sekolah. Kemudian menyampaikan kepada rekan kerja
mengenai rpp berdiferensiasi dan konsep pengambilan keputusan sebagai pemimpin
pembelajaran. Memberikan gambaran kepada mereka mengenai konsep atau langkah
dalam pengambilan dan pengujian setiap keputusan yang kita ambil. Agar segala
keputusan yang telah diambil tidak membuat permasalahan baru, bisa
mengakomodasi semua pihak dan memperkecil resiko dari hasil keutusan kita. Mengajak
beberapa rekan kerja yang bisa diajak berkolaborasi untuk membuat proyek yang
KD nya bisa dipadukan Dengan membentuk suatu praktisi baik yang beris rekan
kerja yang memiliki visi dan misi sama akan memudahkan langkah kerja yang telah
direncanakan. Sehingga saya akan memulai dari lingkup kecil dulu, dan
harapannya nanti rekan kerja yang sudah saya ajak kolaborasi dapat
mengembangkan diri dan bisa mengajak rekan kerja yang lainnya.
2. Apa langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk memulai mengambil
keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?
Langkah-langkah awal yang akan saya lakukan
untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran adalah
menganalisis terlebih dahulu kasus atau permasalahannya. Karena terkadang kita
dihadapkan dengan suatu masalah dimana jika ditelaah kembali semua perspektif
menyatakan semuanya benar. Bila kita berada dalam kondisi seperti ini maka kita
sedang mengalami dilema etika, karena ada nilai kebajikan yang bertentangan.
Akan tetapi jika kondisinya yang kita hadapi berkaitan dengan benar dan salah kita
berada dalam posisi bujukan moral. Sehingga dalam kondisi ini kita dituntut
untuk mampu berpikir secara seksama untuk mengambil keputusan yang benar. Untuk
dapat mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran yang tepat dan
efektif maka kita dapat mengkombinasikannya dengan sembilan langkah konsep
pengambilan dan pengujian keputusan sebagai evaluasi terhadap keputusan yang
kita ambil. Dengan memperhatikan paradigma mana yang paling dominan agar ketika
kita mengambil keputusan, kita dapat memilih prinsip mana yang paling tepat.
Prinsip yang dapat membantu kita dalam menghadapi pilihan-pilihan yang penuh
tantangan adalah tersebut adalah berpikir hasil akhir, berpikir berbasis
peraturan, dan berpikir berbasis rasa peduli. Sehingga keputusan yang kita
ambil berdasarkan pada rasa tanggung jawab, nilai-nilai kebajikan universal dan
berpihak pada murid.
3. Mulai kapan Anda akan menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini, besok,
minggu depan, hari apa? Catat rencana Anda, sehingga Anda tidak lupa.
Harapannya saya bisa mulai
melakukannya pada hari ini, sedikit demi sedikit melakukan dari hal yang
terkecil terlebih dahulu. Ketika nanti saya akan menghadapi suatu dilema saya
mencoba menerapkan sembilan langkah
konsep pengambilan dan pengujian keputusan sebagai evaluasi terhadap keputusan
yang kita ambil ini sehingga keputusan yang saya
ambil adalah keputusan yang terbaik yang tepat dan juga dapat saya bertanggung
jawab. Proses pengambilan keputusan perlu dilatih agar kita bisa menjadi
pribadi yang bijaksana dalam menghadapi suatu permasalahan. Tidak terburu-buru
mengambil keputusan dan keputusan yang diambil bersifat tepat dan efektif.
4. Siapa yang akan menjadi pendamping Anda, dalam menjalankan pengambilan keputusan
sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang yang akan menjadi teman diskusi Anda
untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat dan
efektif.
Yang akan menjadi pendamping saya dalam
menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran adalah Kepala
Sekolah dan Waka Kurikulum, karena dengan pendampingan dari Kepala Sekolah dan
Waka Kurikulum dapat membantu saya memperbaiki strategi yang telah saya lalui
dengan memberikan kritik dan saran sebagai perbaikna rancangan langkah yang
saya ambil sekaligus membanu saya dalam menentukan apakah langkah-langkah yang
saya ambil telah tepat dan efektif. Karena kebetulan sekolah kami sedang dalam
proses pendaftaran sekolah penggerak, dengan melakukan kolaborasi berdiskusi
dengan kepala sekolah, waka kurikulum dan rekan kerja serta anak-anak siapa
tahu nantinya setiap ilmu yang saya dapatkan dari pendidikan guru penggerak ini
nantinya dapat memberikan dampak positif untuk kemajuan sekolah. Dan siapa tahu
juga dapat membantu dalam pembuatan program pembelajaran di sekolah pada tahun
ajaran baru. Karena menurut saya dengan model rpp berdiferensiasi ini, kita dapat
memetakan kebutuhan belajar murid sehingga segala potensi yang dimiliki murid
semakin berkembang. Segala keputusan yang kita ambil juga berdasarkan pada
nilai-nilai kebajikan yang berpusat pada murid dan pada akhirnya terbentuk
ekosistem pembelajaran yang kondusif, aman, nyaman, dan menyenangkan.
Comments
Post a Comment