RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
|
Sekolah |
: |
SMA Kristen Bentara
Wacana Muntilan |
|
Mata
Pelajaran |
: |
Kimia |
|
Kelas
/ Semester |
: |
XI /
Genap |
|
Tahun Pelajaran |
: |
2021/2022 |
|
Materi
Pokok |
: |
Titrasi |
|
Alokasi
Waktu |
: |
4 JP |
A.
KOMPETENSI INTI (KI)
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
KOMPETESI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR |
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI |
|
3.13
Menganalisis data hasil berbagai jenis titrasi asam-basa |
1. Menganalisis
cara melakukan titrasi asam-basa, dapat melalui media (video) 2. Memahami
penjelasan titik akhir dan titik
ekivalen titrasi asam-basa. 3. Merancang
percobaan titrasi asam-basa dan melaporkan hasil percobaan. 4. Menghitung
dan menentukan titik ekivalen titrasi,
membuat kurva titrasi serta memilih indikator yang tepat. 5. Menentukan
konsentasi pentiter atau zat yang dititrasi. |
|
4.13
Menyimpulkan hasil analisis data percobaan titrasi asam-basa |
6. Melakukan
percobaan titrasi asam-basa dan melaporkan hasil percobaan. 7. Menyimpulkan
hasil analisis data percobaan titrasi asam-basa |
PEMETAAN:
BERDASARKAN PROFIL BELAJAR:
·
Murid dengan gaya belajar visual dibantu
dengan pemberian contoh LKS melalui sway, video percobaan dan menyajikan data
cara menganalisis hasil.
·
Murid dengan gaya belajar auditori dibantu
dengan memberikan penjelasan materi dan contoh praktikum titrasi.
·
Murid dengan gaya belajar kinestetik akan
merancang dan melakukan percobaan titrasi menentukan harga kadar dari larutan
cuka yang ada di pasaran.
BERDASARKAN KESIAPAN BELAJAR:
·
Setelah
membaca materi dan melihat video, murid dapat melakukan praktikum konsep
titrasi, merancang percobaan dan menghitung kadar larutan cuka.
·
Melakukan
dan menyimpulkan hasil percobaan
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui
kegiatan pembelajaran ini, peserta didik dapat :
1.
Menganalisis cara melakukan titrasi asam-basa, dapat melalui
media (video)
2.
Memahami penjelasan
titik akhir dan titik ekivalen titrasi asam-basa.
3.
Merancang percobaan titrasi asam-basa dan melaporkan hasil
percobaan.
4.
Menghitung dan menentukan titik ekivalen titrasi, membuat kurva titrasi serta memilih indikator
yang tepat.
5.
Menentukan konsentasi pentiter atau zat yang dititrasi.
6.
Melakukan percobaan titrasi asam-basa dan melaporkan hasil
percobaan.
7.
Menyimpulkan hasil analisis data percobaan titrasi asam-basa
D. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan
1
|
Pendahuluan |
·
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka untuk memulai pelajaran, memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin ·
Menggali komitmen
siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran ·
Menyampaikan motivasi
tentang apa yang dapat diperoleh dengan mempelajari materi : titrasi ·
Menjelaskan peserta
didik untuk melihat hubungan antara larutan asam dan basa jika direaksikan ·
Menjelaskan hal-hal
yang akan dipelajari, kompetensi, indikator, KKM, serta metode belajar yang
akan ditempuh ·
Memberikan materi titrasi melalui aplikasi sway https://sway.office.com/Y9nhaUpWV2H4QiPx?ref=Link |
|
Inti |
Kegiatan Literasi Peserta didik
diberi motivasi dan panduan untuk memusatkan perhatian pada topik materi titrasi Critical Thinking Guru memberikan kesempatan untuk
mengidentifikasi istilah titran, titrat, titrasi, grafik
titrasi, cara melakukan praktek titrasi Collaboration Peserta didik mengumpulkan
informasi, merancang dan melakukan simulasi praktek titrasi Communication Peserta didik mencoba mengemukakan
pendapat atas rancangan percobaan titrasi yang dilakukan Creativity Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait titrasi Peserta didik
kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum
dipahami |
|
Penutup |
·
Peserta didik bersama
guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. ·
Guru memberikan tugas
proyek kelompok menghitung kadar larutan cuka yang ada di pasar ·
Guru memberi
salam, peserta didik menjawab salam guru |
Pertemuan
2
|
Pendahuluan |
·
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pelajaran, memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin ·
Menanyakan persiapan praktikum
titrasi |
|
Inti |
Kegiatan Literasi Peserta didik
diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik titrasi Critical Thinking Guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan percobaan titrasi dan menganalisis
hasil percobaan Collaboration Peserta didik
mengumpulkan informasi mengembangkan pemahamannya mengenai titrasi Communication Peserta didik
mencoba mempresentasikan hasil kerja kelompok, mengemukakan pendapat atas hasil
percobaan yang dihasilkan Guru
mengkonfirmasi bila terjadi kesalahan dari jawaban Creativity Guru dan peserta
didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait materi
titrasi Peserta didik
kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum
dipahami |
|
Penutup |
·
Peserta didik bersama
guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran tentang point-point
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
tentang materi titrasi Guru meminta peserta didik untuk membuat laporan hasil
percobaan sebagai tugas portofolio (video,
ppt, mind miple dll) Guru memberi salam dan peserta menjawab salam |
D. PENILAIAN
|
Keterampilan |
Sikap |
Pengetahuan |
|
Unjuk kerja Portofolio |
Observasi selama
kegiatan belajar |
Penugasan Lisan Tertulis |
|
Mengetahui, Kepala Sekolah KURNIAWAN
DWI HANDOKO, S.PAK |
Muntilan, 23 April
2022 Guru Mata Pelajaran MONICA
AGNES RETNO P, S.Si |
LAMPIRAN
Mencakup :
1.
Materi pembelajaran: https://sway.office.com/Y9nhaUpWV2H4QiPx?ref=Link
2.
Instrumen penilaian pada semua ranah, lengkap dengan
rubrik, pedoman penskoran.
3.
Komponen lain yang bersifat pelengkap
LAMPIRAN
PENGETAHUAN:
1.
Hitunglah harga konsentrasi dari larutan cuka yang kalian gunakan!
LAMPIRAN
1.
Cheklist Penilaian Observasi
Penilaian
sikap dilakukan pada saat siswa melakukan kegiatan kolaborasi sampai siswa
menyelesaikan kegiatannya
|
No |
Nama |
Kekompakan |
Keaktifan |
Rasa Percaya Diri |
|||||||||
|
BT |
MT |
MB |
M |
BT |
MT |
MB |
M |
BT |
MT |
MB |
M |
||
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
BT = Belum tampak
MT = Mulai tampak
MB = Mulai berkembang
M = Membudaya
2.
Rubrik Penilaian Laporan dan Presentasi
|
No. |
Aspek
yang Dinilai |
Skor |
|
1. |
Laporan
Praktik 1. Kelengkapan isi
laporan ·
Sangat lengkap ·
Lengkap ·
Kurang lengkap ·
Tidak lengkap 2. Penulisan
laporan ·
Sesuai EYD dan rapi ·
Sesuai EYD kurang rapi ·
Kurang sesuai EYD dan rapi ·
Kurang sesuai EYD dan kurang rapi 3. Ketepatan
analisis dan kesimpulan ·
Sangat sesuai ·
Sesuai ·
Kurang sesuai ·
Tidak sesuai 4. Tampilan Hasil ·
Sangat menarik ·
Menarik ·
Kurang menarik ·
Tidak menarik |
85-90 79-84 73-78 67-72 85-90 79-84 73-78 67-72 85-90 79-84 73-78 67-72 85-90 79-84 73-78 67-72 |
Comments
Post a Comment